Fakta tentang buah pear

Fakta Menarik Tentang Buah Pear

Posted on

Sering disebut sebagai buah mentega oleh orang Eropa karena teksturnya yang lembut, buah pear merupakan snack dan makanan penutup yang ideal. Buah pear terkenal akan rasanya yang nikmat, terlebih lagi jika disantap saat masih segar, tapi buah pear juga bisa diproses seperti dipanggang, direbus, atau ditumis. Buah pear ukuran sedang mengandung sekitar 100 kalori dan sekitar 6 gram fiber. Buah pear kalengan akan kehilangan sebagian besar kandungan vitamin C-nya dikarenakan sudah dikupas dan terkena suhu panas. Buah pear juga akan mengandung banyak kalori jika dibuat sirup. Banyak jenis dari buah pear—seperti Bartlett, Anou, and Bosc—dan hampir semuanya memiliki kandungan nutrisi yang mirip.

Kaitan Dengan Nutrisi

Menurunkan tingkat kolesterol. Buah pear mengandung beberapa tipe serat, seperti pectin, yaitu serat larut yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol darah.

Meredakan sembelit. Selulosa dalam buah pear merupakan serat tidak larut, yang diketahui sebagai serat pembentuk massal dan memiliki efek pencahar ringan, membantu meningkatkan fungsi usus normal.

Dapat mengurangi resiko diabetes. Buah pear merupakan sumber bagus dari antioksidan, antioksidan sangat dibutuhkan bagi penderita diabetes tipe 2. Menurut penelitian di Harvard pada tahun 2012, mengonsumsi makanan yang kaya akan antosianin seperti buah pear, lima kali seminggu bisa mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2. Buah pear juga mengandung tingkat dan kepadatan glikemik yang rendah, yang sangat membantu penderita diabetes.

Selain Pola Makan

Reaksi alergi. Buah pear segar jarang sekali menyebabkan alergi, justru buah pear kering yang sudah diproses sering mengandung sulfit, yang bisa memicu serangan asma atau reaksi alergi lainnya pada orang yang sensitif.

Kerusakan gigi. Buah pear kering mengandung lebih banyak kalori dan nutrisi terkonsentrasi dari buah pear segar. Buah Pear kering juga mengandung lebih banyak gula dan teksture yang mudah menempel, yang memungkinkan kerusakan pada gigi. Cara lain untuk menjaga gigi tetap sehat dapat Anda lihat disini: https://www.deherba.com/mengapa-penting-untuk-merawat-gigi.html

Tips Memakannya

  • Tambahkan potongan pear ke dalam salad bayam dengan saus blue cheese
  • Masak pear menjadi saus chunky yang dibumbui dengan pala.
  • Rebus pear dalam jus buah delima.

Tips Membelinya

  • Jika pear sudah matang, pear sangat mudah rusak. Jadi usahakan beli buah pear yang belum terlalu matang.
  • Pear sudah matang jika kulitnya terlihat kurang mengkilap, daging buahnya juga terasa sedikit lembek dan jika dicium akan harum.
  • Pilih pear yang kulitnya mulus, jangan yang ada memar hitamnya.

Tips Menyimpannya

  • Biarkan pear matang pada suhu ruang dalam beberapa hari (pear akan cepat matang jika ditaruh di kantung kertas warna coklat).
  • Sekalinya matang, pear dapat ditaruh di kulkas selama beberapa hari sampai siap untuk dimakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *